Lagu Geby & kontroversial marketing

30 Jun, 2008

Pernah ada rasa cinta
Antara kita kini tinggal kenangan
Ingin kulupakan semua tentang dirimu
Namun bayangmu slalu ada dalam setiap langkahku

Reff :

Jauh kau pergi meninggalkan diriku
Disini aku merindukan dirimu
Kini kucoba mencari penggantimu
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih

siapa yang belum pernah denger lagu ini? anak muda jaman sekarang pasti dah pada tau… sebuah lagu yang terkenal karena ke-kontroversialan nya… sebuah lagu yang setiap orang merekomendasikannya untuk didengar, katanya kalo gak denger gak gaul, sama kayak aku yang dipaksa mendengarkan lagu ini karena dipaksa..

denny: lagi denger mp3 apa put?

putri: lagunya geby, jauh kau pergi… udah pernah denger lagunya?

denny: sering sih denger di internet, anak2 juga sering ngomongin

putri: download dong.. dengerin deh lagunya, serem loh

denny: engga ah males, lagunya gak jelas kayaknya

putri: dengerin dulu, makanya download

denny: males ah, hehehe

putri: akustikan lho, bagus deh, agak2 nyeremin gitu

denny: iya deh download, url-nya mana?

putri: gugling aja, banyak kok


dan akhirnya aku mendownload lagu geby itu, setelah aku search bener aja, hasilnya ada 50.000an result, dan di hosting aku download ada sekitar 80.000 download hits! itu baru satu hostingan yang aku masukin, belum hostingan yang lainnya, padahal situs tempat aku download perasaan gak terkenal2 amat…

terlepas dari kontroversi dari perebutan hak cipta dari lagu ini yang diperebutkan sama 3 band (kalo gak salah) yang semuanya menginginkan hak cipta lagu tersebut, juga ada kontroversi yang mengatakan lagunya  berhantu, ada penunggunya, ada juga berbagai cerita yang katanya yang menciptakan lagu ini sudah mati, ada yang bilang bunuh diri, ada yang bilang mati pas konser pensi ada yang bilang tabrakan karena pacarnya meninggal, dan ada yang bilang lagu ini terinspirasi dari kisah nyata… dan well… sampe sekarang fakta yang sebenarnya masih belum ada yang terkonfirmasi…

inilah cara promosi, cara marketing paling ampuh! word of mouth atau istilah jawa-nya ketok tular adalah promosi paling efektif dan efisien. semua orang membicarakannya tanpa pamrih, semua orang merekomendasikannya tanpa ada imbalan, mereka melakukannya secara volunteer, secara sukarela… kalau dibarat sana, setiap marketer, selalu berusaha melakukan promosi yang setara dengan tahap ini, tapi budaya barat kurang mendukung terjadinya word of mouth, mungkin dikarenakan mereka adalah orang2 yang individualis dan lebih ke skeptis. mereka sangat preventif terhadap informasi dan tidak mudah percaya begitu saja.

tapi tidak disini, di Indonesia, adalah negara yang suka menggunjingkan sesuatu, suka mengomongkan sesuatu tanpa perduli fakta sebenarnya dibalik pergunjingan itu, orang indonesia senang dengan sensasi. lihat saja infotainment beredar dimana2 dengan suksesnya, majalah gosip juga tercetak dengan banyaknya. kontroversi adalah salah satu menciptakan sensasi yang berlanjut ke pergunjingan dan berakhir pada promosi gratis! contoh kecil, hoax adalah salah satu yang gampang tersebar di negara ini. semua orang dengan senangnya menyebarkan hoax, di milist, di e-mail, di sms, di blog…? contoh lain dari gampangnya orang indonesia menerima sensasi adalah pada kasus lagu geby ini…

skeptisnya, saya jadi berpikiran bahwa, mungkin saja (sekali  lagi) mungkin saja, lagu geby sengaja diciptakan kontroversi dan didistribusikan secara kontroversial sehingga terjadi sensasi dan tiap orang menggunjingkan dan membicarakan-nya siapa yang memulai semua ini, bisa saja si penciptanya itu sendiri, untuk sensasi dan berakhir pada promosi gratis!

hasilanya, seperti yang kita lihat sekarang, lagu geby dimana2 band karamel jadi perbicaraan. dan mereka menuai ketenaran sesaat. well, faktanya kita lihat saja nanti, fakta akan bicara dengan sendirinya kok… 😀 biasanya kalo sudah bosan dengan sensasi ini, orang akan lupa dan pindah perhatian dengan sensasi lainnya

sudah pada punya lagu geby kan? :-p

Iklan