promosi negeri orang

saya bukan orang yang hobi ke mall, juga bukan orang yang belanja di Mall kecuali CareFour buat kulakan bahan2 DeZone..

cuman kemarin saya nyari game UNO, katanya di Lavender JavaMall ada yang jua, ya udah saya kesana, mampir juga ke Hypermart sekalian buat liat2 harga membandingkan dengan harga di Carefour, ternyata masih murah di carefour, hehehe…

keluar dari HyperMart, aku mau ke lantai atas ke toko aksesoris lavender, ditengah Hall JavaMall, tempat biasanya dijadikan display buat pameran mobil sampe komputer saya lihat ada stand besar bertuliskan diatasnya “Uniquely Singapore” mereka mempromosikan negara Singapore dan seperti apa standnya, disana mereka mendisplay maket kota singapore, mempamerkan daerah2 seperti orchard road dsb, mengiming-imingi pengunjung dengan kehingar bingaran Negeri Singapore, yang meramaikan stand itu bisa ditebak, orang2 borjuis, necis, dompet mereka hanya bersisi beberapa lembar cash namun puluhan Credit Card terselip di dompet mereka, atau diselipkan ke dompet khusus. orang2 kecil yang lewat mungkin akan mengira “wah, produk apa ini, Hanphone baru merek Singapore, Travel Agent, atau apa ini?”

promosi negeri orang

promosi negeri orang

yang menjaga stand tersebut orang Lokal, mungkin EO yang dibayar untuk mempersiapkan dan mengatur acara dan stand ini, aku tidak akan menuduh mereka penghianat negara, dan aku tidak meragukan nasionalisme mereka, anak bangsa yang mempromosikan keindahan negeri tetangganya, tidak… itu mungkin hanya mekansime Ekonomi, dimana ada peluang berkerja pada Pihak Pemerintah negara lain untuk mempromosikan negaranya.. tidak munafik, kalau saya yang ditawari jadi EO untuk membuat Stand mempromosikan Negara lain mungkin saya berpikir 2 kali untuk tidak menerima tawaran itu, meski jiwa nasionalis saya tentu tidak semudah itu berkata “ya”..

bagaimanapun saya menilai pemerintah kita kecolongan dalam hal ini, saya tidak menyalahkkan pemerintah, tidak, mungkin itu hanya konsekuensi dari kita yang memilih orang2 yang tidak mencintai negara ini untuk mengatur negara ini, atau mungkin itu hanya apesnya kita, karena tidak ada pilihan yang lebih baik.. balik lagi, Pemerintah kecolongan.. punya potensi wisata yang bagus kok tidak di promosikan, punya Kota Lama, area konservasi tata kota kolonial kok tidak dikembangkan, punya Lawang Sewun peninggalan kolonial kok dijadikan tempat uji nyali, punya Zamrud kok tidak di gosok dan dipromosikan..

hanya orang bodoh yang berani melepaskan barang bagus yang didapatnya, meski itu merampok, itulah alasan Belanda mempertahankan Negara ini mati-matian melebihi tanah asalnya, itulah mengapa Belanda tidak melepaskan Negara ini selama 350 tahun, 350 tahun… tidak terbayangkan, ada generasi dimana dia lahir dalam keadaan terjajah dan mati juga dalam keadaan terjajah.. Negara lain menyadari Keindahan Negara ini, Negara lain menginginkan Negaranya berada di posisi ini, dengan kondisi geografis dan kekayaan alam seindah ini, namun rupanya kita belum cukup mengerti untuk menyadari keindahan negara kita sendiri, kita belum cukup menang untuk membiarkan rakyat kita menikmati keindahan alam negara lain dibanding meng-eksplorasi keindahan negeri sendiri, belum cukup cerdik untuk melihat ini sebagai peluang untuk menghasilkan devisa negara..

Pemerintah Singapore juga tidak salah mempromosikan Negaranya, bukankah itu wajar bangga terhadap negeri sendiri, saking bangganya hingga berkoar2 ke negeri lain untuk mengumbar keindahan negerinya, untuk mampir sejenak barang menghabiskan 5000-10000 Dollar di Negara mereka dan meningkatkan sektor pariwisata negaranya, wajar bukan? tapi mungkin kita masih belum cukup bangga untuk mengumbar keindahan negeri kita, untuk mengajak orang menghadiri negeri ini… atau mungkin kita masih malu mengajak orang mampir ke negeri ini? seperti saya yang malu untuk mengajak teman ke kostan saya karena berantakan tidak karuan?

ada yang mau mampir ke Singapore? coba  baca promosi ini, mungkin tertarik:

sipo

sipo

kalau mau temen2 di Semarang mungkin bisa mampir ke JavaMall untuk melihat stand mereka, tertarik, dan menghabiskan uang disana…

ah… tidak papa.. memberi rezeki ke negeri orang itu juga pahala kan? meski kita masih punya banyak hutang.. tapi ah,, tidak papa… kita kan negara dermawan yang terus menyumbangkan kekayaan kita ke negeri lain tanpa kadang tidak memperhatikan kondisi negara sendiri…

10 Balasan ke promosi negeri orang

  1. laporan mengatakan:

    Hiks, memang ironis, Negara Singapura itu hanya secuil dan tidak punya kekayaan alam sekaya Indonesia, tetapi lebih kaya dan makmur dari pada Indonesia. Meskipun saya apatis dengan kinerja pemerintah dan sepakterjang perilaku para politikus oportunis, namun kalau disuruh membela antara bangsa sendiri dengan bangsa lain, saya milih membela bangsa sendiri. Ini mungkin dalam kontek nasionalisme. Namun di dalam ekonomi juga ada nasionalisme, Singapura, jepang, atau AS pun bisa semakmur seperti itu juga karena nasionalisme mereka.

  2. Qizink mengatakan:

    kalau singapura yang minim potensi aja bisa maju, kenapa indonesa nggak ya…
    Btw… hasil jepretannya ok juga tuh!

  3. Yari NK mengatakan:

    Seharusnya Indonesia jangan mengandalkan keindahan alamnya saja. Namun harus sudah memikirkan sarana2 yang lengkap guna menunjang keindahan alam tersebut. Dan di kota2 besar kita bikin juga surga belanja dan taman2 hiburan yang mempesona.

    Saya yakin kalau keindahan alam kita, kekayaan budaya kita yang tradisional dipadu dengan wisata2 buatan manusia yang modern saya yakin Singapura pasti tidak ada apa2nya!

    Namun pertanyaannya, kapan kita mulai ya?? Dan investor2nya siapa??

  4. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    itulah repotnya kalau bangsa kita ndak pernah mau belajar dari pengalaman, mas denny. kita selalu kedahuluan dan ksealip orang lain hanya karena suka sibuk bertengkar dan cakara2an dg sesamanya😦

  5. zoel chaniago mengatakan:

    hehehhe saya g’ tau

  6. Hedi mengatakan:

    indonesia juga sering promosi ke luar negeri, itu pake bawa rombongan penari segala kok…tapi turis justru lebuh seneng ke malaysia dan singapura, tanya kenapa? hehehe

  7. afwan auliyar mengatakan:

    wah……negeri kiat promosinya kayak gmn yak !??!
    jd pnasaran😀

  8. arifrahmanlubis mengatakan:

    liburkan otak anda dengan mampir ke blog saya🙂 (promosi blog)

    salam kenal bang🙂

  9. taufik mengatakan:

    Yup, itulah masalah Indonesia saat ini, warga negara ini masih belum memahami bahwa mereka sebenarnya tidak perlu meminjam emas ke negeri lain, karena emas itu terkubur di bumi kita, bumi Indonesia.

  10. Denny Eko Prasetyo mengatakan:

    hihihi… kalo promosinya orang Indonesia memang mengirimkan rombongan orang Indonesia, tapi cuman jalan2 dan belanja meski ngakunya studi banding :-p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: