Learning By Blogging

jika kemarin, saya membahas dengan dasar id.wikipedia.org, sekarang saya mencoba ke en.wikipedia.org dan mengetik “learning” sebagai kata kunci, dan ternyata hasilnya sedikit berbeda (meski maksud utamanya tetap sama), penjelasan en.wikipedia lebih luas dan spesifik.


Learning is one of the most important mental function of humans, animals and artificial cognitive systems. It relies on the acquisition of different types of knowledge supported by perceived information. It leads to the development of new capacities, skills, values, understanding, and preferences. Its goal is the increasing of individual and group experience, -wikipedia,en-

menjelaskan bahwa pembelajaran adalah sebuah penerimaan dari beberapa wawasan ilmu pengetahuan yang didukung oleh informasi yang telah diakui. Pembelajaran mengarah kepada pengembangan kapasitas, keahlian, nilai, pemahaman dan preferensi. Tujuan Pembelajaran adalah peningkatan pengalaman. baik secara individual maupun sosial”. lalu bagaimana dengan Blogging? meskipun pada awalnya Blog, atau weblog diciptakan sebagai diary. dimana penulisnya bisa mengekspresikan dirinya pada sebuah log di Internet. namun kini fungsi blog telah jauh lebih luas dari sebelumnya. fungsi blog telah menjadi sarana bertukar pikiran. paling tidak blog di indonesia bisa menjadi penyelamat indeks baca yang amat parah di Indonesia. FYI: indeks baca kita adalah 0,009. atau 9 buku perseribu orang per tahun. (saya masih belum bisa memverifikasi informasi itu, sementara info itu baru saya dapat di milist dan blog ini). jadi jika orang Indonesia malas membaca buku, paling tidak membaca blog.

Ada banyak macam dan jenis blog, mulai blog yang bersifat pribadi, blog yang bersifat promosi, blog yang bersifat hiburan, blog juga bisa bermuatan politik, ada pula Blog yang bersifat artikel yang bisa memberi wawasan, seperti blog mas yang kumisan ini, atau ini, juga ini. kalau blog saya sendiri adalah perpaduan antara blog pribadi dan blog artikel. selanjutnya saya akan membahas lebih spesifik mengenai blog artikel, blog artikel ini bersifat memberi informasi, wawasan, teori, dan pencerahan (insight). disinilah Blog itu bisa memberikan sebuah ilmu yang kemudian  bisa menjadi sebuah pembelajaran yang mengarah ke pengembangan pemahaman dan preferensi, jika kita pahami lebih dalam lagi dan lebih jauh dari itu, kita praktekkan, maka bisa melangkah ke pengembangan kapasitas dan keahlian.

kemudian ada yang namanya Piramida pembelajaran, seperti dibawah ini:

piramida peembelajaran

Dalam dunia Blogging, kita mentransferkan pikiran kita kedalam sebuah tulisan digital yang dimasukan kedalam log web, dan dinamakan dengan istilah post, dalam postingan itu si penulis blog bisa memasukan ide-ide pikiran dia, atau memberikan informasi, promosi, atau hanya sekedar sharing dan berbagi kepada pembaca blog tersebut, karena kemajuan dunia Blog, Sekarang penulis sudah bisa memasukan gambar, musik, dan video ke dalam postingan kita. darisini kemudian postingan penulis dibaca oleh pelanggan blog tersebut, fasilitas pemberi komentar lengkap dengan pengumpan RSSnya pun sekarang tersedia. kemudian beberapa pembaca mungkin merespon dari tulisan si penulis blog, lebih jauh lagi, si pembaca bisa membuat postingan yang menjadi tanggapan dari blog yang dibacanya dilengkapi dengan fasilitas trackback.

darisini kita bisa lihat banyak aktifitas yang bisa saya anggap sebagai bagian dari pembelajaran blog. pertama, penulis memberikan ide yang dituangkan sebagai tulisan dalam sebuah posting blog, kedua memberikan referensi, presentasi berupa video, gambar, hingga musik. ketiga, Penulis bisa memberikan komentar balik / tanggapan terhadap postingan yang dia baca, ini bisa saya anggap sebagai diskusi, kemudian si pembaca bisa terinspirasi dari postingan yang telah dia baca dan kemudian membuat postingan yang tujuannya membagikan (sharing) insight kedalam blog dia yang kemudian bisa menginspirasi blog si pembaca. disini saya bisa sebutkan 4 dari metode diagram piramida pembelajaran diatas, mengenai daya serap ilmu dari metode ini, saya masih belum berani berbicara, karena saya malas belum jadi profesor, dan saya tidak bisa memberikan bukti secara empiris :p jadi sementara saya  hanya berpendapat saja.

dari penjelasan saya diatas, sebenarnya kegiatan blog ini bisa menjadikan pembelajaran tersendiri, yang terbalut kedalam E-Learning, dan kegiatan Blog ini akan menjadi cara belajar yang mudah, karena menyenangkan, interaktif, saya bisa tau hal-hal yang baru tiap harinnya. jika Plato pernah bilang, bacalah paling tidak 1 lembar buku tiap hari, saya juga ingin bilang, blogwalkinglah anda paling tidak 1 blog sehari, hehehehe… silahkan menanggapi tulisan saya dibawah🙂

nb:

gambar saya ambil darisini http://siteresources.worldbank.org

insight mengenai Pyramid of learning saya baca2 dari sini: http://www.learningandteaching.info

lainnya saya nyontek dari wikipedia

11 Balasan ke Learning By Blogging

  1. didut mengatakan:

    1 blog / hari den?!? itu jalan-jalan yg pendek😀

    BTW memenag benar segala macam informasi di dunia maya skrng sudah byk yg mengarah ke blog walaupun kalau untuk keperluan yg berhubungan dengan penelitian hrs di kaji ulang lagi sebelum di gunakan

  2. Yari NK mengatakan:

    Ide yang sangat baik…. 1 blog per hari… daripada jalan2 1 mall per hari yang nggak jelas!:mrgreen:

    Tapi sayang…. terutama di blogsfer Indonesia ini, tidak semua blogger memanfaatkan sarana ini untuk berbagi dengan yang lain, banyak yang hanya mencari popularitas untuk menjadi seleb blog semata2 (walaupun tentu saja sah2 saja), sehingga banyak mengurangi makna “learning by blogging” tersebut……

  3. Laporan mengatakan:

    Kalau dari kacamata saya, blog yang *menjadi pengharapan* adalah yg membumi, yaitu yang ada di bumi. Memang blog adalah dunia maya, tetapi jauh dekat adalah pantulan dari bumi. Saya sendiri menjadi pusing jika berkunjung ke blog yg lebih banyak membahas tentang *langit* dengan segala macam dalil kitab, hiks hiks. Namun sah-sah saja bagi pemilik blog untuk menentukan substansinya.

  4. Denny Eko Prasetyo mengatakan:

    @ didut, hahaha, saya juga sempat berpikir, kira2 bisa gak blog diakui sebagai Teori. kalau ada tesis, atau skripsi. biasanya kan orang mencari teori dan teori itu diakui jika termuat dalam sebuah tulisan berupa buku, atau dalam koran, kira2 kalo bersumber blog diakui tidak yah
    kira2 seperti:

    “Blog bisa menjadi sarana tepat untuk E-Learning” (Denny, dennyekop.wordpress.com, 2008)

    @ Yari kalau banyak blogger bisa memanfaatkan blog sebagai pembelajaran bisa ciamik pak😀, paling engga sampean sudah memulai😀

    @laporan, kira2 bisa menjadi you are what you blog pak? hehehe

  5. aRuL mengatakan:

    yupz seperti itu yang kita harapkan bagaimana blog bisa memberikan wawasan ilmu pengetahuan bagi pengunjungnya.
    Tapi kayaknya perlu dikategorikan sebuah blog bisa dijadikan referensi learning, sehingga orang yang ingin mencari pengetahuan tidak tersesat.

  6. yovita mengatakan:

    Den, ternyata learning pyramid theory tu buat ini tho.. ehm, komentar ah.. kalo jaman aku kuliah dulu, cara belajar yang efektif tu yang lewat praktek githu.. kayanya jaman dulu tu blog belum menjamur dan mendunia kaya sekarang de.. hehehehe.. kalo punya temen yang di psikologi, boleh tu kamu usul buat mengeksperimenkan idemu ini..

  7. meme mengatakan:

    kalo blog gue masuk kategori apa yah ?..yang pasti buat gue , blog gw adalah diary gw, dan ada kepuasan setiap kali gue abis posting..

  8. Denny Eko Prasetyo mengatakan:

    @arul, mungnkin bisa dibuat lembaga pengawasan blog dan beberapa blog yang baik bisa tersertifikasi untuk menjadi blog ilmu pengetahuan yah mas? ahahaha boleh tuh!

    @Yovita, yup bu psikologist!, aku nanya chart itu untuk dimasukin ke blog ehehehe :p

    @meme, mungkin bisa masuk ke kategori blog pribadi, diary😀

  9. nita mengatakan:

    setuju. selain dari media konvensional lain, banyak banget informasi bermanfaat didapat dr internet, termasuk blog ini. apalagi utk satu masalah yg sama para blogger bisa membahas dari sisi berbeda. ini mengajak yg membaca utk belajar membahas sesuatu dr berbagai sudut pandang. jadinya lebih kreatif dan kaya info

  10. Denny Eko Prasetyo mengatakan:

    @nita, dan dari pembelajaran konvensional itu bisa kita angkat kedalam blog, yang terkemas dalam E-Learning, bukan begitu😀

  11. sapimoto mengatakan:

    banyak yang bisa kita pelajari dari nge-blog…

Tinggalkan Balasan

