Dahulu kini

04 Jul, 2008

mas… aku minta lagu2 Indie Anak2 dong?

yawdah, aku ada banyak den, copy aja

sip! ini mas *sembari menyerahkan portable harddisk bersejarah itu

“mengirim file…..” wah, ada yang penuh nih Den, dihapus dulu aja data yang gak penting

hah?! Portable HD 40 Gigabyte-ku dah full??

Kemudian pikiranku sesaat kembali ke masa itu, masa rezim Soeharto, masa dimana uang jajanku 1.000 dah bisa nraktir kecengan beli batagor bandung. waktu itu aku Sekolah Menengah Pertama, belajar di salah satu SMP kecil di Antapani Bandung. waktu itu kurikulimnya mengharuskan anak2nya untuk menguasai ilmu komputer,MS DOS karena bukan kurikulim & mata kuliah wajib maka masuk ke Mulok (Muatan Lokal), apa yang kita pelajari? yaitu DOS , Operation System yang jauh sebelum Vista! jauh lebih jaddul, lebih membunuh penggunanya, jangan berharap bisa blogging dengan DOS, selain DOS juga kita mempelajari LOTUS – 123, disitu kita diajari bikin formula seperti SUM=A1+B5, AVR=A1:A10, membuat spreadsheet, teknik Copy-Paste, semua itu dilakukan hanya menggunakan Keyboard, jangan berharap anda bisa menggunakan Mouse untuk program2 itu. saya juga ingat, sering ada kelas Tambahan tidak wajib pada sore Harinya, Pak Dion (Gosh! aku masih inget nama beliau, mungkin karena beliau mirip sama Anjasmara dan pernah digosipkan ada affair sama guru B. Indonesia makanya aku masih inget) dia mewajibkan kita membeli Disket, diwajibkan beli 2 jenis disket, Floppy Disk 3,5 untuk menyimpan data tugas, dan Floppy Disk 5,25 untuk Program LotusFloppy DiskProgram, berapakah kapasitas dari sebuah disket Floppy? jangan berharap sebuah Disket Floppy bisa menampun 1 Album MP3, menyimpan satu lagu Geby aja bisa saya ragu, apa yang bisa diharapkan dari kapasitas sebesar 1,44 MB?

Pulang Kerumah aku bisa berlatih program MS-DOS dirumah, komputer rumah lebih canggih, waktu itu suddah terinstall Windows 95 yang sepertinya bajakan. Komputer itu baru beli, mereknya DataMini, sebuah Komputer Built-Up karena jaman dulu susah mencari toko komputer rakitan yang kita bisa milih spek komputer seenak kita, Komputer itu berkapasitas 3 Giga! Ram 64MB, VGA 32, and guess what? dengan Kapasitas itu aku bisa bangga setengah mati sama anak2 komplek, karena itu adalah spek termutakhir se komplek saya kala itu.. bisa menjalankan Game Populous juga merupakan kehebohan tersendiri di komplek kita dulu… ya.. itu dulu….

kini? Portable HD 40 GB masih tidak cukup untuk menyimpan data2 saya, kini disket Floppy entah kemana, Kini, Video Driver 256MB masih juga belum cukup untuk mata adik saya yang maniak Game, kini ukuran Flashdisk cukup untuk bisa saya telan bersama obat anti Insomnia saya.

Smallest USB

yup! lain dulu lain sekarang  mas…!

*Gambar diambil dari Wikipedia

5 Balasan ke Dahulu kini

  1. gunawanwe mengatakan:

    “..jangan berharap bisa blogging dengan DOS..”

    ya mana bisa mass..😀
    memang lain dulu lain sekarang:mrgreen:
    salam kenal..

  2. Yari NK mengatakan:

    Saya dulu berkenalan dengan Internet pertama kali tahun 1993, sistemnya masih UNIX-shelled dalam DOS. Media penyimpanan komputer pertama kali saya lihat dengan mata kepala sendiri di rumah yaitu kaset! Ya, kaset2 untuk lagu sebagai media penyimpanan data untuk komputer Sinclair ZX Spectrum tahun 1978. Wah… jadul banget!😀

  3. proletarman mengatakan:

    wah aa saja isinya sampai segitu udah full??
    klo aku inget jamannya wordstar..
    tapi bangga dink bisa pegang komputer untuk pertama kali😛

  4. nita mengatakan:

    heheheh…jadul bener deh apalagi disket segede krupuk itu. dulu saya malah ikutan kursus dos, lotus segala. ngapalin ‘rumus2nya’ itu yg gak kuku. mana tampilannya di monitor boring banget.

    btw thanks dah mampir di blogku dan share info soal kopi luwak hasil pembuangan musang itu…he3x. saya baru tau kalo rasanya kayak karamel, soalnya selama ini gak pernah minum kopi luwak murni:)

  5. Denny Eko Prasetyo mengatakan:

    @gunawan, salam kenal juga🙂

    @Yari, wah, kaset mas? berapa byte tuh kapasitasnya? hehe

    @proletarman ga ada bokepnya kok, hehehe, kebanyakan file back-UP laptop saya, koleksi bajakan MP3 saya, dan program komputer

    @nita: hehehe, saya juga sempat kaget mbak mengenai ada apa dibalik kopi luwak itu

    aarghhh,, baru kemarin aku post tentang floppy sekarang aku kehilangan SD card…. huhuhuh

Tinggalkan Balasan

