The Nyamuk

kalo misalnnya ada bulbo di FS atau ada angket yang nanya ke aku tentang “apa binatang yang paling kamu benci?” aku akan dengan serta merta jawab “NYAMUK”

tapi bukannnya nyamuk itu serangga yah? Well, serangga kan binatang juga, ga jauh beda lah… I don’t know why this creature is so disturbing, mengganggu tiap malamku dan menambah aku yang ga susah tidur ini tambah susah tidur, di Semarang nyamuknya gak seganas disini (Disurabaya) di jogja juga perasaan nyamuknya ga sebinal ini deh, sekeluarga kami bener2 perang sama nyamuk, sampe setiap kamar di rumah surabaya langsung bersiap2 begitu mulai malam, kayak ada jam malam disini, setelah magrib semua kamar tertutup rapih biar ga ada nyamuk yang masuk, kalo salah satu kamar sudah terkontaminasi nyamuk tindakan penyucian segera dilakukan, kamar ditutup dan fogging (penyemprotan) pun dilakukan, pembunuhan masal satu klan nyamuk pun dilakukan, kalau ini tidak dilakukan, maka kita tidak akan bisa tidur semalaman. Setelah kamar disucikan kamar itu akan sangat dipertahankan kesucian-nya oleh pemilik kamar, kamar putri dan kamar papa yang paling strict , paling tegas sama kemanan kamarnya, kalo aku masuk kamar mereka mereka segera teriak “TUTUP LAGI PINTUNYA BIAR NYAMUK GAK MASUK..!!!”

di ruang keluargapun pengasapan segera dilakukan, aku ga tau kenapa kok yang dipake obat nyamuk bakar, yup obat nyamuk bakar yang asapnya sangat merusak pernafasan, lebih parah dari asap rokok, ini asap pestisida! Kok makenya obat nyamuk bakar sih? Padahal kan ruangan keluarga kita make AC, ah dasar dudulz! Walhasil asepnya gak kemana-mana karena sirkulasi AC, dan sangat-sangat menggangu pernafasan, kayaknya besok aku bakl bilang ke nyokap, sebaiknnya kita make obat nyamuk listrik aja…

inilah perjuangan satu keluarga dalam melawan nyamuk, sehari aja kita kehabisan HIT kita bakal bingung bagaimana caranya agar selamat dari serangan nyamuk malam ini? Kita jadi keranjingan HIT, ah dasar nyamuk, selalu mengganggu, banyak nyamuk karena rumah kita jorok? Saya dengan tegas menolaknya, rumah di Surabaya rapih, menuduh rumah surabaya jorok adalah penghinaan terhadap mbok rini dan nyokap gue yang senantiasa membersihkan rumah huhuhuhu….

tapi suatu ketika aku berpikir… if we just turn our perspective how we see the mosquito, we will get pity on them in certain way.. kalau aja kita ubah cara pandang kita terhadap binatang ini, kita bakal kasihan sama dia, cara pandang ini juga dilakukan oleh Prie GS dalam memandang kecoa buat kalian yang sering denger Smart FM mungkin pernah dengar renungan beliau mengenai kecoa di acaranya di Smart Fm coba kita perhatikan nyamuk, struggling is the way mosquito live, perjuangan adalah cara hidup si nyamuk, dia hidup untuk berjuang, pilihannya hanya 2 berjuang dengan maut dan mencari makan atau mati kelaparan. Tak terhitung sudah berapa nyawa berakhir di tepukan tangan kita, atau senjata biologis yang kita semprotkan untuk membunuh mereka… they are realy struggling to live aren’t they? Apalagi nyawa mereka hanya selama 10 hingga 14 hari. Tapi aku yakin hanya sedikit dari mereka yang mati karena tua, kebanyakan mati ditangan kita, apakah membunuh nyamuk itu berdosa? Kalau nyamuk adalam binatang dan membunuh binatang seperti kucing itu dosa hukumnya, maka membunuh nyamuk itu dosa hukumnya, Kalau memang membunuh nyamuk itu berdosa, sudah tak terhitung berapa banyak dosa yang kita perbuat. Tapi segera aku tepis pemikiran ini, kalau tidak lama-lama aku bisatak tega sama setan kecil ini dan mungkin suatu saat aku akan berkata “MAMA…! JANGAN BUNUH MEREKA! UMUR MEREKA HANYA 10 HARI LAGI! BIARKANLAH DIA MENIKMATI SISA HIDUPNYA DENGAN DARAH SEGAR KITA!!!

so absurd!

Buat yang mau tau lebih tentang nyamuk buka situs ini:

http://id.wikipedia.org/wiki/Nyamuk

http://en.wikipedia.org/wiki/Mosquito

suntingan dari wikipedia:

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Agak rumit nyamuk betina dari satu genus, Toxorhynchites, tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.

Nyamuk melalui empat tahap yang jelas dalam siklus hidupnya: telur, larva, pupa, dan dewasa. Tempo tiga peringkat pertama bergantung kepada spesies – dan suhu. Culex tarsalis bisa menyelesaikan siklus hidupnya dalam tempo 14 hari pada 20 °C dan hanya sepuluh hari pada suhu 25 °C

4 Balasan ke The Nyamuk

  1. Raffaell mengatakan:

    Sama, tu binatang paling aku takuti, 2x kna demam berdara gara garanya, hiks….. skr klo mau molor harus pake kaos kaki, baju lengan panjang ajah, huhuhuuh mau cari aman skr tinggal di apt yang lantainya 20an, jadi tu nyamuk mabok duluan, wkwkwk

  2. […] The Nyamuk Well, serangga kan binatang juga, ga jauh beda lah… I don’t know … Apalagi nyawa mereka hanya selama 10 hingga 14 hari. […]

  3. benazio mengatakan:

    hiyahaha emang cuma 10 hari yah ? hoho .. btw itu dodol abis masa di ruangan ac pake obat nyamuk bakar hiahahaaa

  4. purna mengatakan:

    hehe.. itu nyamuk, tegar, melestarikan diri mempertaruhkan nyawa tetap tak ada putus asa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: