Manusia dan ketergantungannya dengan teknologi

gue inget banget persis kejadiannya. tanggal 13, waktu itu hari sebelum acara YesTourday gawean Dedet sama miko, anak-anak Indie Semarang, pas itu hujan deras, gue lagi nongkrong sambil dengerin MP3 dikantor belakang DeZone dengan A*Note gue yang selalu gue banggakan. laptop Korea bisa bertahan 2 tahun dengan kelakuan binal pemiliknya, jatuh dari mobil pernah, kedudukin Pernah, terbanting karena kemarahan pemiliknya juga pernah, dan yang paling tragis, LCD kemasukanb AIR dan berusaha menghilangkan air tersebut dengan Korek api juga pernah, laptop itu selamat. tapi hari itu… dia tidak tahan lagi…

waktu itu aku lagi denger MP3 Jazz, as usual, sambil iseng-iseng bikin gambar di X-3 bajakan. pas itu Dedet ada di DeZone ngajak meeting soal persiapan Yestourday, langsung aja aku mengiyakan, dan kubiarkan A*Note ku tergeletak di lantai sambil memainkan lagu Jazz dengan Winamp, Hujan masih deras dan tambah Deras… Dedet mengajak ngobrol, dari persiapan Event sampe masalah cewe, selama 1 jam-an kira-kira, hujan belum berhenti, tiba-tiba ada hal yang aku ingat. fakta bahwa atap kantor belakang itu BOCOR! sekejap aku minta izin kekantor belakang, dan benar saja, kantor belakang telah tergenangi air setinggi 1.5 cm, kondisi laptopku tercolok ke Simbbada speaker dan sedang dalam keadaan charging di LANTAI YANG SEDANG TERGENANGI AIR 1.5 Cm!!! ajaibnya laptopku masih menyala dengan gagahnya, lebih dari itu, alunan Jazz tetap terdengar manis, padahal disebelah kiri laptopku, letak fan A*Note berada sudah kayak kapal speedboat, fan berputar terkena air, dan ada gemericik dari sana…

sekejap A*Note gue angkat, batere gue lepas! dengan sedikit panik namun berusaha terlihat biasa aku ke toko HandPhone tetangga diseberang jalan -IndeeCell- dan aku pinjam obeng kecil. segera aku bongkar laptop dan membuka semuanya, kulepaskan semuanya. ini bukan yang pertama, karena hobiku (baca: gratil -jawa) yang sering penasaran. jadi pernah laptopku kubongkar dan masih selamat, itu salah satu kelebihan laptopku lagi. sempat takjub karena ketika aku bongkar air sudah sampai pada hardisk bagian atas. gue mengumpat “mampus gue data gue ancur”. sejam aku membedah laptopku dan melapinya satu persatu, kupasang kembali dan ketika kunyalakan ada suara “syyiiip” dan akupun hanya terduduk pasrah… hari itu juga kubawa A*Note ku ke FRComp untuk menyelamatkannya, FRComp di daerah Semawis sangat saya rekomendasikan karena berhasil me-rebuild laptop teman saya yang kebakaran. dan voila! kembali seperti semula… tapi untuk kasus ini dia pesimis pak Ferry pemiliknya hanya berkata “kesempatan buat hidup 40% mas denny” kalaupun bisa nyala, ntar bisa konslet ditangah jalan, karena mungkin ada yang karatan. kalau udah gini mending beli baru… tapi saya coba dulu saja yah… tapi agak lama, hasilnya 2 minggu, biar selama 2 minggu saya blow dulu biar benar2 kering…

2 minggu kemudian kabar buruk mengabari saya dan menyatakan A*Note saya GameOver! jadilah saya manusia tak berlaptop terhitung dari tanggal 13 Maret hingga tanggal 16 April kemarin.

sebenarnya kisah laptop saya diatas baru sekedar intermezo dari postingan saya dengan judul diatas, hanya karena saya pelan-pelan curhat. huhuhu…

itulah manusia, kadang kalau sudah memiliki kadang kita akan merasa aneh kalau kehilangannya, example seperti ketila saya tulis “jadilah saya manusia tak berlaptop” seakan-akan menusia itu harus punya laptop dan kalo engga, ga bisa kerja, padahal bukankah dulu saya memang ga punya laptop? tapi ketika saya kehilangan laptop saya seakan saya kehilangan setengah dari otak saya, sungguh kita dimanjakan dengan teknologi, dan dibuat tergantung dengan teknologi. lantas masalah itu sering menjadi alasan kita tidak bekerja. entah itu ngerekap penjualan, update blog, jarang cek e-mail. argh…! padahal itu semua tidak harus pake laptop kan? pernah suatu ketika ada teman yang minta bikinkan design ke aku, aku bilang, “duh, aku lagi ga ada laptop nih, sini deh aku pinjem laptopmu dulu, atau ntar yah nunggu aku beli laptop baru” padahal kalo dipikir lagi, itu cuman alasan! di DeZone ada komputer, kalau mau update blog kan bisa kewarnet atau make komputer DeZone, tapi rasanya ugh! males banget, udah biasa duduk disofa dan nyenderin setengah tidur ke sofa sambil ngetik atau ngerjain tugas sambil dengerin “how Insensitive”nya astrud gilberto. kalo make desktop kan ga bisa kaya gitu, yang ada malah kita ketiban monitor kalo desktop dipegangin, dipangku dipaha. sungguh manja!

sama seperti bokap gue yang kelimpungan ketika ketinggalan hendpon ketika sudah didepan carefour untuk belanja bulanan, dia bisa memilih kembali kerumah yang jarak-nya 10 KM untuk mengambil handphone daripada merelakan ketinggalannya. kita semua sungguh dimanjakan dengan teknologi, dan dibikin tergantung olehnya… miss u my A*Note!

postingan tambahan:

dugaan kalo hardisk saya konslet ternyata salah, in the end laptopnya tetep rusak, dan akhirnya saya pretelin satu-satu, ini gambarnya:

laptop

dan juga otak dia sudah saya selamatkan, hardisk ATA 40 GB berisi file2 DeZone, AIESEC, dokumen pribadi, foto narsis dan alunan lagu2 Slipknot hingga Diana Krall sudah saya amankan dan disulap menjadi external hardisk yang dulu sempat saya saya impikan. (tak disangka impian tersebut terwujud dengan cara yang tidak saya sangka hikz-hikz)

Anote dan external hardisk

8 Balasan ke Manusia dan ketergantungannya dengan teknologi

  1. infogue mengatakan:

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com

    http://game.infogue.com/seandainya_hidup_itu_adalah_game

  2. anthony mengatakan:

    waduh boss, kasian amat tuh laptop…’
    oiya omong2 optical drive nya ga kepakek ya……
    gua ada butuh nih, ga dijual ta????

    email ke aq aja ya (anthony_harianto@hotmail.com)

  3. angga mengatakan:

    buset dach.. berani banget km den mbongkar laptop… aku aja masih gak brani bongkar laptop. tapi pengen sie bongkar kalau ada kelinci percobaannya hehe….

  4. angga mengatakan:

    oiya den… laptop km ya a*note udah tewas kalu…. prosesor ama RAM nya (ramnya DDR 1 gak) masih idup gak??? aku niat mau upgrade laptop nie, tapi dananya cekak hehe.. dari pada buat ganjel pintu khan lbh baik dihibahkan buat aku hehe… serius loh nie… hub ke nomor ku aja mun deal🙂

  5. dyan mengatakan:

    kasian sekali dikaw dence…
    ckckckckkkk.
    curhatmu membuat aku terkesima…[hayaah]
    apalagi abis liad poto mobilmu.
    waaaahh
    yang sabar yoo…
    banyak bdoa dan bsedekah [katamu dan aku setudju]
    positifnya hasil mutilasinya berguna bagi banyak pihak.
    jangan nangisssssssss…..
    cup cup cup.
    tetap semangat!!!!!!!

  6. […] sip! ini mas *sembari menyerahkan portable harddisk bersejarah itu“ […]

  7. TOPAN mengatakan:

    Aku minta rekomendasinya sih,
    Aku mo beli laptop yang super murah but kualitasnya OK!
    Gak perlu webcam segala, aku butuh untuk olah data, music dan liat-liat gambar. Jadi yg tampilan grafisnya Ok Sound nya Ok.
    Thanks ya. Salam.

  8. TOPAN mengatakan:

    Waduh gimana ya,
    aku butuh mendesak banget, friends tolong dong.
    Komputer ku lagi di pinjem nih. Jadi secepatnya aku butuh pengganti nih.

Tinggalkan Balasan

