pemerintah, penguasa dan pemimpin…

Cianjur, 27 Januari 2008, ketika itu dalam perjalanan dari Cianjur menuju ke bandung, tepatnya di taman bunga nusantara, sedikit kebetulan memang, setelah kita sekeluarga pulang dari taman bunga nusantara yang didirikan Ibu Tienj, dalam perjalanan aku sekeluarga mendengar berita meninggal-nya Jendral besar Soeharto di radio, Pro2 FM.

 

ketika itu hampir setiap radio, TV dan Koran memberiitakan mengenai hal yang sama.

Seoharto, orang yang sempat memerintah negara Indonesia………….

Seoharto, mantan penguasa orde baru………

Soeharto, yang pernah memimpin negeri ini………

3 kata, pemerintah, penguasa dan pemimpin.

3 kata yang memiliki makna yang berbeda satu sama lain

3 kata yang ditujukan kepada orang yang sama, dalam konteks ini, Soeharto.

terlepas dari kontroversi Soeharto, terlepas dari hujatannya, terlepas dari tuduhannya, terlepas dari Jasa-nya sebagai orang yang dianggap sebagai bapak pembangunan Indonesia. Tapi soal pemerintah, penguasa, dan pemimpin.

Pemerintah, dasar kata perintah, suruhan, wewenang, bentakan, ajakan memaksa… Perintah tidak didasari dengan memimpin, tidak pula perlu berkuasa, semua orang bisa memerintah, hanya sekedar memberi perintah

Penguasa, berdasar kata kuasa, berkuasa itu biasanya memberii perintah, perintah karena kekuasaannya, orang yang berkuasa juga tidak harus memiliki jiwa pemimpin, dia bisa memberi suruhan dan memimpin/membawa orang-orangnya karena kekuasaan dia, bukan karena kepemimpinannya dia

Sedangkan pemimpin, berasal kata pimpin, bimbing, ayom, dituntut, dibawa. Pemimpin adalah pemberi pengaruh.. tidak harus memberii perintah, tapi orang-orang yang dipimpinnya bisa bergerak sesuai dengan maksud pemimpin. Pemimpin juga tidak harus berkuasa, dia tidak harus memegang jabatan raja tapi seolah bisa me-rajai, membawa, menuntun orang-orangnya, tidak harus memiliki kekuasaan.

Lantas mengapa kita menggunakan kata pemerintah untuk orang yang mengatur negeri ini? Mengapa bukan pemimpin? Atau para pemimpin? Dibanding PEmeRINTAH.

 

Mereka hanya bisa memberi perintah, tanpa memimpin, hanya mencari kuasa tanpa mengayomi, tanpa menuntun, tanpa membawa kearah yang lebih baik.

Ayolah pemerintah, jangan hanya sekedar bisa memberi perintah, mbok kita dibimbing, mbok jangan jadi penguasa, pimpinlah kami, apa kalian salah kaprah terhadap definisi nama kalian? PEmeRINTAH?

 

Satu Balasan ke pemerintah, penguasa dan pemimpin…

  1. nad mengatakan:

    pemerintah tuh dari asal katanya aja udah orang yang suka memerintah mas,
    gamungkin ada yang bisa kita harapkan dari nama itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: