irisan tebal tempeku 300 rupiah!

12 maret 2008
jam 3.30 aku ke kucingan pak Slamet didepan toko, dini hari ini anak-anak bigreds nonton bareng di DeZone, bareng sama thorik aku jaga toko.

“pak, nasi ayam 2, belut 1”
+minumnya apa mas?+
“engga pak, dibungkus, sama mendoan deh, berapa 1 pak”
+mmmmmm…. satu-nya 600 ik mas.+
“600?!?!”
+iya mas, mundak ‘e mas regone” (naik mas harganya)
“hmmmmm…. mahal yah tempe sekarang”
+yowis mas, buat mas 500 deh, ngepasin sama nasinya, jadi 5000 mas+
“wis lah, siji yo mas”

suatu hari ditahun 2004

sekitar jam 14:00, kita habis main sepakbola sama temen-temen SMA, biasa, ditantangin kelas sebelah, main di “lapangan gabuk” di deket SMAN 1 Banjarmasin. selesai main bola aku kewarung depan SMA 1 banjarmasin

teman 1: “man, ulun teh eh 1” (mas, saya teh satu), sembari mengeluarkan recehan 750.
teman 2: “man, ulun teh anget gin” (mas, saya teh anget deh), sembari memberikan logam 500
saya: “tempe tepung 3 man” (mendoan di jawa)
paman: “ambil gin sebuting pulang, gasan ikam kupasakan 1000” (ambil deh satu lagi, buat kamu kupasin 1000)

kala itu mendoan 300 satunya,
kala itu es teh masih 750
kala itu teh anget masih 500
kala itu 50 masih dihargai

sekarang, saya ingat kebetulan dapat kembalian 50 rupiah, kepingan yang sudah jarang di Indonesia, seperti biasa, uang receh saya tempatkan di tempat rokok mobil, disebuah lampu merah di bandung kala itu ada pengamen minta rezeki, karena dimobil recehan sudah habis dan hanya tersisa satu keping 50-an, dan lampu merah menyala hijau, segera dan buru-buru saya serahkan uang yang tersisa itu ke pengamen itu, tanpa ada maksud menghina.

dia melihatku masam, membuang uang 50 rupiah itu kearah mobilku sembari melihat kepergian mobilku dengan muka mencibir… mreasa terhina…

kini 50 rupiah dianggap penghinaan di negara ini…
kini parkir di mall 2500, kala itu 2500 bisa kenyang
kini tempe di-iris begitu tipis, padahal setelah main bola, dan makan 4 mendoan saya bisa kenyang setelah berkeringat dengan bola

lalu dimana kekenyangan itu?
dimana penghargaan atas 50 rupiah?
dimana irisan tebal tempeku
dimana orang-orang bijak di Indonesia
dimana pemimpin negeri ini? mengapa hanya ada peme-rintah, mereka yang hanya bisa memberi perintah. bukan memimpin.

siapapun itu, kembalikan irisan tebal tempeku seharga 300!

4 Balasan ke irisan tebal tempeku 300 rupiah!

  1. nad mengatakan:

    hum,,
    di jogja gorengan masi 400,
    di jogja esteh masih 800,
    di jogja teh anget masih 700,
    di jogja nasi telor sayur masih 2800,
    di jogja lauk ikan cuman 1000 dah enak banget,
    apalagi makan di nasi goreng ajaib sama sate ajaib, lebih murah lagih, hehe

  2. Denny mengatakan:

    hahaha… thank’s for the comment…

    pindah jogja aah…

  3. angga mengatakan:

    alow den… jadi kangen SMA… masa terindah menurut ku di SMA… dpt pacar pertama gen di SMA… jaer chrisye tuch.. kisah kasih di SMA?? loch ada yach judul lagu itu hehehe……

    anyway… yupz.. uang receh dah gak dihargai lagi.. aku aja pernah mau bayar 20rb pake uang receh 100an, dimasukin ke plastik… eh ditolak!!! ini duit loch.. apa lg dimasukin ke plastik, bisa buat nabok maling ato tikus drumah… hehe….

    dkampus ku teh es 1000, tempe goreng dari 600-100. makanan dbjm plg murah nasi kuning 2000.

    zaman udah beruba bro… yg gak berubah hanyalah perubahan itu sendiri…

  4. catur mengatakan:

    saya pernaha ngalamin uang 50an yang saya kasi dibuang pengamen. Gak laku katanya.
    Di supermarket, mereka lebih milih nyiapin permen ketimbang uang 50 yang secara hukum masih layak pakai.
    Lagian, kalo kasir ngasih kembalian pake 50, pembeli juga bakal bilang, ” gak usah deh mbak hehehe.”
    Kita juga sering ngasih gocapan ke pengamen meski jumlahnya sepuluh keping sekaligus, karena kita pengen mbuang itu dari kantong atau mobil kita.
    Saya lagi nulis-nulis soal duit, kalo udah jadi, saya kabarin deh.
    boleh minta alamata emailnya kan? kirim ke email saya aja. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: