being arrogant? what an easy…

arrogant

yup…! gampang banget sombong… at least buat aku, related sama post aku yang berjudul “tidak jatuh, tidak juga tinggi” kadang kalo dah menang rasanya tinggi banget (baca: Sombong) susah banget ternyata untuk melakukan hal yang satu ini, niatnya sih jadi orang itu rendah diri, ada pepatah “bilang padi yang menunduk artinya berisi” artinya orang yang rendah diri justru biasanya “berisi”. tapi aku? ah entahlah… yang pasti banyak orang bilang aku sombong, akhir2 ini aku refleksi diri ternyata gue tinggi juga yah, sombong…! belum jadi apa-apa dah sombong, how dare I am…

Mungkin Benar, dalam Agama yang saya yakini, cobaan manusia yang berat itu justru saat “diatas” saat menang, rasanya mudah sekali menyombongkan apa yang kita miliki, let say, pengetahuan, keahlian, kemampuan, kondisi sosial, materi, fisik? banyak sekali bahan untuk menyombongkan diri… sombong itu penyakit hati… dan itu penyakkit yang bahaya kalo udah akut… parah…! bisa sombong, angkuh!

kadang saya melakukan pembenaran diri ketika menyombong, yaitu bertameng dibalik kata-kata “percaya diri” ya, saya percaya diri, bukan sombong… ok, sekarang apa perbedaan Sombong dan percaya diri…? hmmmm tipis… atau ada yang mau mendefinisikannya lebih baik? jadi salahkah saya terlalu menyebutkan kelebihan saya? apakah itu sombong? atau itu hanya rasa percaya diri? kalo di marketing ada yang istilahnya “marketing yourself” yaitu menyebutkan keahlian pribadi untuk meyakinkan orang yang menginterview kita dalam interview pekerjaan atau hal-hal yang berhubungan dengan kerjasama, mungkin itu adalah cara yang paling ampuh untuk berlindung daribalik tuduhan sombong, kenapa? karena di marketing yourself, kita meninggikan diri kita setinggi-tingginya biar “laku” dan make a deal, or getting a job…

jadi sombong itu baik tidak?

well… akhir-akhir ini aku sering banget menyombongkan diri sama temen lah, sama client lah… “cokelat kita disini enak banget mas, sama tempat lain kalah deh”, “saya berani ngadu nih soal rasa, dijamin enak deh kalo dibanding yang lain”, “saya owner…!” wow…! gue sombong banget ternyata… pingin banget rasanya membunuh rasa sombong ini… pernah di-niatin banget untuk tidak nyombong, tapi suatu ketika ada konsumen bilang: “mas, milkshake strawberry disini enakbanget yah, sama bentuman masih enak ini lho” langsung aku menimpali: “iya mbak,milkshake kita memang enak blablablablabla” atau pada suatu malam seorang teman yang order mint-coffee komentar: “coffeemint-nya enak banget mas… kayak punya starbucks”, akupun kembali menimpali “iya sha, soalnya bahan kita special blablablablabla” (dalam hati sombong lagi deh…) maafkan kesombonganku teman-teman… so sory banget… harap maklumi saya…

semoga saya menjadi lebih bijaksana….

4 Balasan ke being arrogant? what an easy…

  1. Aca mengatakan:

    sombong kadang perlu lho
    jadi arogan kadang juga perlu
    tapi emang kadarnya perlu diturunkan dikit…

    btw, blogna mantep
    coba deh dipromosiin di blog-indonesia.com ato kampungblog.com biar yg lihat tambah buanyak

    Den…blogmu aku link yak…

  2. nopskii mengatakan:

    mas denn,, blognya keren !!! photo2nya dezone smua .. hiuhi

  3. nopskii mengatakan:

    heh .. sepertinya aku knal ma piring2 yg bertumpuk itu….
    75% adalah ppilihanku
    hoho

  4. fentygranger mengatakan:

    Sombong ?? Ada juga kalo saya sering rendah dirinya, jadi menurut saya itu sedikit perlu … membuat kita merasa kita punya sesuatu, punya hal yang dibanggakan, punya hal yang orang lain belum tentu punya, bukan berarti kemudian merendahkan orang, tapi ya … aah pokoknya itu tetep penting … tapi jangan berlebihan

Tinggalkan Balasan

