Happy New Day…! -sebuah renungan di akhir tahun-

 

Di suatu kota, ibu kota JawaTimur pada suatu malam, suara nyaring kembang api bersahutan… ketika itu jam 22:00 31 Desember 2007. Kami sekeluarga dalam perjalanan pulang dari silaturahmi kepada keluarga saya yang berulang tahun pada 31 desember. Jalanan dipenuhi motor-motor yang menyemut, polisi kewalahan, kami sekeluarga hanya bisa bersabar didalam mobil menghadapi perilaku pengendara motor yang menggila, ternyata kota dengan dijadikan percontohan dalam dunia lalulintas Indonesia masih kewalahan dengan warganya yang menggila… apa yang mereka gilai? Tahun baru…

 

Seberapa spesialkah tahun baru sebenarnya? Mengapa orang mau berdesak2an, rela tak tidur seharian demi memeriahi tahun baru? Mengapa hingga saya mendengar kabar pemerintah London menghabiskan ratusan ribu pounds untuk meledakkannya di udara sebagai kembang api hanya untuk merayakan satu kali revolusi bumi dalam memutari matahari? Apakah matahari merayakannya? Bagaimana dengan bumi? apakah suatu yang special dalam perubahan waktu? Toh tidak dirayakan juga bumi tetep berputar, bumi tetap mengelilingi matahari, lalu sebenarnya apa yang kita rayakan?

Mengapa tidak merayakan hari baru? Mengapa tidak merayakan detik, jam, atau bulan baru? Toh mereka tetap berlalu meski tidak kita rayakan… ditengah ledakan petasan dan kembang api pada malam tahun baru, saya hanya bisa tertunduk malu di ruang kerja ayah saya, saya malu dengan apa yang saya lakukan setahun belakangan ini, ternyata saya tidak menjadi orang yang lebih baik daripada tahun 2006, meskipun pencapaian saya berhasil, tapi saya tetap orang yang sama, orang bodoh yang masih pemalas, masih egois, masih sembrono… masih buruk…! Saya merenungi kesalahan saya pada malam itu, semakin buruk rasanya begitu saya sadar, bahwa saya sedang memimpin sebuah organisasi… organisasi yang harusnya saya bawa maju, namun stagnan karena mereka memiliki pemimpin yang buruk… saya harus berubah! Dimulai ketika hari rotasi pertama dalam sebuah revolusi bumi, ketika saya merenungi kesalahan saya… saya berusaha berubah menjadi orang yang lebih baik. Itulah arti tahun baru buat saya, sebuah keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik! karena saya berusaha berubah ke-esokan harinya, saya berkata pada diri saya sendiri kala itu “happy new day!”

Tinggalkan Balasan

